
8 Berkas lamaran kerja yang wajib kamu lengkapi!
8 Berkas lamaran kerja yang wajib kamu lengkapi :
Halo jobseeker ! Apa kabar ? Sehat selalu ya guys !
Kali ini kita akan bahas hal simple tapi yang sering dipertanyakan oleh jobseeker, Apa sih berkas yang harus disiapkan oleh jobseeker ? Hal ini mungkin kelihatan sepele, namun ternyata kelengkapan berkas administrasi ini, menjadi salah satu pertimbangan bagi tim Rekrutmen HRD dalam proses screening data pelamar.
Berikut berkas yang harus jobseeker lampirkan saat melamar pekerjaan :- Surat lamaran kerja
Surat ini wajib dibuat saat melamar pekerjaan yang bertujuan untuk perusahaan yang jobseeker tuju dan juga posisi yang ingin dilamar. Selain itu isi dari Surat Lamaran kerja juga lampiran berkas apa saja yang jobseeker sertakan. - Daftar Riwayat Hidup terbaru
Ini merupakan hal penting yang harus disiapkan, karena Daftar Riwayat Hidup merupakan ringkasan dari personal diri jobseeker. Yang harus diperhatikan adalah selalu memperbaharui Daftar Riwayat Hidup jobseeker jika memang ada perubahan, jangan menggunakan Daftar Riwayat Hidup yang sudah tidak relevan sesuai dengan kondisi yang terbaru. - Identitas diri
Menyiapkan identitas diri adalah bukti untuk melihat apakah data yang diberikan jobseeker sesuai, sebagai contoh seperti Nama lengkap, tanggal lahir dan status perkawinan serta melihat apakah jobseeker sudah memasuki umur yang legal untuk bekerja. - Ijazah dan transkip nilai
Untuk Ijazah dan Transkip nilai yang dilampirkan baiknya hanya berkas Pendidikan formal terakhir, hal ini supaya lebih efisien dan mendukung legalitas informasi jobseeker. - Paklaring
Paklaring adalah surat keterangan jobseeker bekerja di perusahaan sebelumnya, berkas ini juga mendukung sebagai referensi jobseeker saat diperusahaan sebelumnya. Jika Jobseeker merupakan freshgraudate dan belum memiliki pengalaman kerja, dokumen ini tidak perlu dilampirkan. - Foto diri terbaru
Banyak yang melupakan hal sederhana ini sesungguhnya bagi HRD foto diri terbaru sangat penting. Banyak dari jobseeker terkadang melampirkan foto diri lama. Sederhanya foto diri terbaru ini membantu HRD mengetahui secara fisik jobseeker saat ini. - SKCK
Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dilampirkan saat melamar pekerjaan yang dimana bertujuan untuk melihat apakah jobseeker pernah memiliki catatan criminal. - Berkas / setifikat pendukung lainnya
Contoh berkas atau sertifikat pendukung lainnya yaitu setifikat kompetensi jika jobseeker pernah mengikuti pelatihan, seminar ataupun perlombaan. Untuk Jobseeker freshgraduate yang belum memiliki pengalaman kerja dan pernah mengikuti kegiatan magang, sebaiknya melampirkan sertifikat magang yang dimiliki untuk menunjang berkas dan nilai tambah jobseeker.
Nah Jobseeker dari berkas diatas apakah sudah lengkap ? Semoga dengan memenuhi berkas tersebut dapat memudahkan jobseeker untuk lolos administrasi dan semoga informasi kali ini bermanfaat. Salam sehat dan sukses selalu !